Pages

Sabtu, 09 Agustus 2014

BEBEK BUMBU CABE CINTA

Sinopsis
FTV SCTV
Cerita & Skenario: Rindu Rindang Cintakami
Produksi: FRAME RITZ 2014

BEBEK BUMBU CABE CINTA
Remake dari judul lama: BIDADARI KECEBUR EMPANG
Oleh: Rindu Rindang Cintakami

ALYA marah besar lantaran salah satu bebek yang diangon ditabrak sama mobilnya ZACKY. Nggak terima cowoknya kena semprot, Mutya yang juga ada di dalam mobil membela pacarnya, membalas marah sama Alya. “Bebek lu aja yang nggak punya pikiran!” Alya nyolot, “Kalo bebek gue punya pikirin, pastinya bebek lu udah gantiin lu jadi pacar cowok lu itu! Jelas-jelas bebek-bebek gue lebih cakep dari lu!” Zacky memisahkan pertengkaran kedua bebek, eh maaf, kedua cewek itu. Zacky menarik Mutya ke dalam mobil, berbisik, “Tukang angon bebek aja kamu ladenin.”

Peristiwa yang aneh dan menyebalkan itu rupanya berdampak ‘sesuatu’ pada Zacky. Aneh, kenapa Zacky pengen banget datang lagi ke kampung itu lagi. Alasannya hanya satu, mau ketemu sama Alya, si tukang angon bebek yang cantik. Agar tidak dicurigai Mutya, Zacky mengajak RASYA sahabatnya, pura-puranya lagi mengen survey mencari lahan bisnis apa yang akan ia jalani untuk masa depannya nanti sama Mutya. Jelas aja dong, Mutya demen dan memberikan restu pada cowok yang dianggap calon suaminya itu. Bertandanglah Zacky dan Rasya ke sebuah desa nan indah, menghijau, gemah-ripah loh jinawi. Ketika mobilnya berhenti di pinggir sawah, ada suara Alya teriak memaggil Zacky. Spontan Zacky sumringah, “Liat, Sya. Berarti tuh cewek juga kangen sama gue. Baru sampe aja, gue langsung dipanggil.” Ternyata Alya datang dengan marah, “Liat tuh! Bebek gue kelindes mobil lu!” Ngok-ngok. Zacky sungguh-sunguh minta maaf, sambil kemudian menyampaikan niatnya bertemu sama Alya adalah ingin belajar bagaimana berternak bebek. Pasalnya Zacky pengen membuka usaha restoran bebek. Alya yang basically baik mengabulkan permintaan Zacky. Maka sejak saat itu Zacky kerap pergi dari Mutya dengan alasan bisnis baru, padahal datang ke kampungnya Alya, belajar berternak bebek sambil beternak cinta di hati Zacky buat Alya. Zacky bener-bener nggak nyana, mulanya ia hanya iseng-iseng aja buat ngusir jenuhnya pacaran sama Mutya, eh malah lama-lama Zacky cinta beneran sama Alya. Nah lho, gimana tuh?

Mutya yang makin ngerasa sering dianggurin Zacky mulai kepo, sebenernya Zacky itu mau bisnis apa sih? Kok udah sekian lama, nggak nongol juga tuh bisnis barunya. Selidik punya selidik, Mutya dibuat terbelalak, karena dia melihat Zacky kerap datang ke sebuah kampung buat bertemu sama Alya. Tanpa teden aling-aling, dan tanpa Zacky tahu, Mutya langsung mendatangi rumah Alya, marah hebat! “Kamu tau nggak siapa gue!? Gue ini anak yang punya peternakan bebek yang paling gede di kampung ini! Jadi bebek-bekek saben hari lu angon itu punya bapak gue! Kalo sampe besok gue liat lu masih deket sama Zacky, lu akan dipecat!” Ultimatum ini berat buat Alya. Dia nggak mau kehilangan pekerjaan. Ini semua demi ibunya yang janda dan adik-adiknya yang masih sekolah. Semenjak ayahnya meninggal, harta-benda habis buat ngebiayain pengobatan ayahnya selama sakit, Mutya terpaksa putus kuliah, mencari pekerjaan yang cepat, yaitu tukang angon bebek. At least sesuai lah sama kuliahnya dulu, jurusan peternakan.

Imbasnya langsung ke Zacky yang tak lagi dapat tanggapan baik dari Alya. Bahkan Alya minta Zacky untuk mencari peternakan bebek yang lain saja. Zacky terus mendesak Alya, kenapa tiba-tiba begini, ada apa ini. Alya nyeplos, “Aku nggak mau hubungan kamu sama Mutya rusak gara-gara aku!” Jreng! Zacky tau penyebabnya. Zacky marah sama Mutya yang dianggap telah merusak hubungan baik Zacky dengan Alya, padahal Zacky benar-benar lagi merintis bisnis restoran bebek. “Kalo mau buka restoran bebek, kenapa nggak kerjasama sama papa aja! Kamu kan tau, papa punya peternakan bebek yang besar!” Alasan Zacky, dia nggak mau dapat belas kasihan dari calon mertua. “Nggak mau kerjasama sama papa, tapi kamu kerjasamanya sama Alya! Alya itu kan salah satu pekerja di peternakan bebek punya papa!” Zacky melengos, “Diiih, mana aku tau!” Terus uring-uringan tiap kali ketemu membuat hubungan keduanya renggang!

Biar nggak disangka datang ke kampung itu buat dekatin Alya, maka Zacky beneran membuat rumah makan kecil yang ia beri nama ‘Bebek Bumbu Cabe Cinta’. Kenapa namanya seperti itu? Begini: Mulanya Zacky bingung, apa varian baru buat masakan bebek. Karena di mana saja banayk rumah makan menyajikan menu bebek. Hasil diskusinya sama Alya, Alya menawarkan cabe bikinannya, yang pedasnya sangat menggugah selera. Karena bumbu cabe itu temuan Alya sendiri, ia menamai ‘Cabe Cinta’. Lantas keduanya sepakat menamai rumah makan Zacky itu dengan nama ‘Bebek Bumbu Cabe Cinta’. Saat pembukaan Zacky mengundang Rasya dan semua teman-temannya. Alya pun didandani cantik dengan maksud hati ingin diperkenalkan sebagai pemilik bumbu cabe cinta. Sayangnya acara pembukaan rumah makan ini jadi chaos dengan kedatangan Mutya. Pertama: Mutya marah karena nggak diundang! Padahal sebenarnya diundang. Salah pembokatnya yang membuang surat undangan itu ke sampah,habisnya jatuh di halaman. Kedua: Di peresmian itu masih ada Alya! Mutya menarik Alya yang hampir diperkenalkan oleh Zacky, dan mendorongnya. Gubrak! Alya jatuh! Keduanya berantem hebat! Petugas keamanan melerai. Dan yang mengagetkan buat Mutya adalah, Zacky justru minta Mutya buat pergi dari acara ini!

Setelah kejadian itu, kedua orang tua Zacky marah besar, pasalnya telah memalukan Mutya di muka umum. Di sini baru diketahui ternyata Zacky dan Mutya besok sebenarnya mau lamaran. Gara-gara kejadian itu, saat Zacky dan keluarganya datang ke rumah Mutya, orang tua Mutya mendapati kamar Mutya kosong! Mutya kabur! Orang tua Zacky semakin marah, hukumannya adalah memblokir semua tabungan dan kartu kredit Zacky, dan menutup usaha Rumah Makan ‘Bebek Bumbu Cabe Cinta’ yang baru berdiri 1 hari! Zacky kelabakan, terpaksa ngutang uang sama RASYA untuk kebutuhan hidupnya. Zacky kemudian mempertanyakan kepada orang tuanya kenapa mereka memperlakukannya seperti itu. Nyokap Zacky bilang, kalo Zacky tidak mau mencari Mutya sampai ketemu dan meminta maaf terus kembali lagi sama Mutya, mereka tidak akan memberikan fasilitas apa-apa sama Zacky. “Kamu tau, Zacky, papa bisa sukses seperti sekarang ini karena dulu dibantu sama papanya Mutya!”

Zacky dalam situasi yang sulit. Ia baru tahu, karena sejarah itulah selama ini Mutya begitu dominan dan cenderung menyebalkan. Mutya sering semena-mena dan bahkan kerap nggak menghargai Zacky sebagai pacarnya karena Mutya ada di atas angin, bapaknya Zacky berhutang budi sama bapaknya Mutya! Lantaran males-malesan nyari Mutya, ya tetep aja Mutya nggak ditemukan. Sementara itu, Mutya yang sebenarnya ada di sebuah villa di desa tempat bapaknya punya peternakan bebek yang besar, sebel banget, karena udah berhari-gari Zacky nggak mencari dirinya. Zacky lebih tertarik membantu Alya ngangon bebek, lumayan lah daripada nggak ada penghasilan juga. Biarpun Rasya kasih pengertian ke Zacky, agar Zacky kembali sama Mutya, tetap saja Zacky nggak perduli. Mutya mengendus Zacky dan Alya yang semakin lengekt saja. Puncak kemarahan Mutya adalah, mendatangi Zacky dan Alya yang lagi berdua di pinggir sawah ngangon babek, lantas mendorong Alya jatuh ke lumpur! Mutya tak nyadar, bahwa lumpur itu dalam, sehingga Alya kesulitan naik dan semakin tenggelam! Untungnya Alya bisa diselamatkan setelah Zacky membantu Alya dengan susah-payah. Mutya masih saja mengingatkan Zacky, bahwa kalo tidak ada orang tuanya Mutya, maka mungkin saat ini keluarga Zacky hidup miskin! Peristiwa itu menyadarkan Alya untuk menjauhi Zacky selama-lamanya.

Zacky pasrah, menerima kembali permintaan orang tuanya buat melamar Mutya. Dan terjadilah lamaran itu. Akan tetapi, saat hendak terjadi tukar cincin, Zacky tak jadi memasukan cincin ke jari manis Mutya. Dia berani bicara, Zacky menggagalkan tunangan ini! Zacky bicara semuanya tentang tabiat Mutya yang begitu semena-mena, dominan, dan sering merendahkan Zacky, hanya karena bapaknya Zacky berhutang budi sama bapaknya Mutya. Zacky pergi. Semua mengejar. Mutya lari paling kencang mengejar Zacky. Pas di tengah jalan, sebuah mobil hampir saja mencelakai Mutya, untung saja ada Zacky yang berbalik arah lantas menyelamatkan Mutya. Mutya selamat, Zacky celaka! Zacky dilarikan ke rumah sakit, koma beberapa hari. Ketika Zacky siuman, ada sosok Mutya dengan setia menunggu di sampingnya. Semua peristiwa ini menyadarkan Mutya untuk menjadi perempuan yang lebih baik, menyadarkan Mutya bahwa cinta Zacky bukan buat Mutya, tapi buat.. Mutya menghadirkan Alya buat Zacky. Mutya memberikan Zacky untuk Alya. “Kamu Alya yang lebih berhak berbahagia sama sama Zacky. Bukan aku.” Mereka semua bahagia. Mereka bertiga pun menjalankan Rumah Makan ‘Bebek Bumbu Cabe Cinta’.

Selesai.

Tangerang Selatan, 27 Januari 2014
Rindu Rindang Cintakami


Terimakasih Tuhan Atas Segalanya

0 komentar:

Posting Komentar